Mahirah Muamalah Solusi Modal Usaha Berbasis Syariah di Banda Aceh

DIALEKSIS.COM | Banda Aceh - Masyarakat Kota Banda Aceh kini dapat dengan mudah bisa mengakses modal usaha lewat Mahirah, sebuah lembaga keuangan mikro milik Pemerintah Kota Banda Aceh.

LKMS Mahirah dengan semangat mempercepat proses pengentasan kemiskinan di Kota Banda Aceh atas prakarsa Walikota Aminullah Usman dan Teuku Hanansyah.

LKMS yang baru berdiri beberapa bulan lalu itu kini gencar melakukan sosialisasi kepada Masyarakat Kota Banda Aceh, "saat ini tim Mahirah sedang mensosialisasikan literasi keuangan syariah di Kantor Geucik (kepala Desa) Lamlagang," sebut Teuku Hanansyah.

Dalam sosialisasinya banyak di hadiri oleh kelompok ibu - ibu PKK Gampong, "tadi sudah disampaikan kepada 50 ibu PKK Desa Lamlagang," kata Hanan.

Hanan menyebut Pemko Banda Aceh telah memiliki LKM syariah yang merupakan satu satunya di Indonesia yang berbadan hukum PT dan tujuan didirikan LKMS ini agar masyarakat dapat mengakses modal usaha yang selama ini tidak dapat diakses melalui perbankkan, "Kebanyakan warga malah terjebak rentenir," sebut Hanansyah.

Menurut Hanansyah sebagian besar masyarakat di Indonesia khususnya di Aceh masih belum bisa dijangkau oleh lembaga pendanaan dan pembiayaan serta produk-produk perbankan dan moneter lainnya, sementara tingkat perputaran uang di lembaga keuangan mikro dan makro, juga cukup menentukan dalam menjaga kestabilan nilai tukar uang dalam era persaingan bebas seperti yang berlaku saat ini.

"LKMS dapat di akses oleh lapisan masyarakat miskin yang berpendapatan rendah," sebut Hanan. (j)

Sumber : https://dialeksis.com/aceh/mahirah-solusi-modal-usaha-berbasis-syariah-di-banda-aceh/